Not balok lebih mudah dari pada not angka



Bagi anda yang gemar bermain alat musik piano, mungkin ketika pertama kali memainkan piano kita akan disuguhkan not balok yang mana not balok itu benar-benar berbeda dengan not angka. Dan jika dipikirkan not angka itu lebih mudah untuk pemula mengapa, karena saat pertama kali memainkan piano otomatis kita akan mencari do, re, mi sampai do pada piano. Dan kita tinggal menomori do dengan 1, re dengan angka 2, dan seterusnya. Lalu setelah mendengarkan lagu yang akan kita mainkan, kita tinggal melihat not angka dan menekan tuts sesuai angka yang ada. Semudah itu, tapi seiring berjalannya waktu, ketika sudah mulai mengenal chord, nada dasar, maka not angka akan sulit untuk dimainkan. 

Alasan Pertama..


Berikut ini adalah contoh satu bar lagu pada not balok dan perbandingannya dengan not angka.

Potongan Lagu Indonesia Raya

Ketika membaca not angka diatas, jika kita mengabaikan nada dasar Do = G, maka kita akan membaca notnya mulai dari 3 = Mi dengan nada dasar Do = C, bukan Do = G

Oktaf Nada Dasar Do = C


Tangga nada DO = G, yang benar adalah sebagai berikut :

Tangga Nada G mayor


Jika kita terpaku pada angka 3 = e = mi, maka kita akan melakukan kesalahan yakni tidak memaikan dikunci yang benar. Nah, PRnya adalah, jika kita membaca not angka pada nada dasar berbeda maka kita harus memikirkan nada dasarnya dulu dan posisi not angka 1,2,3 pada nada dasar itu. Sehingga disini membaca not angka akan lebih sulit.

Bandingkan dengan Not balok berikut
Not balok VS not angka


Pada not balok diatas, Seorang pemain piano akan tahu posisi bermain pianonya di nada dasar G karena ada tanda #. Tanda # letaknya tepat digaris nada paling atas yang berarti semua nada 4=fa=F akan naik 1/2 nada yakni menjadi Fis. Pada not balok diatas, pemain piano yang bisa membaca not balok tidak akan melihat angkanya karena dengan hanya melihat garis nada saja sudah dapat terlihat nada pertama yang akan dimainkan adalah nada (Si Do / Re, Si-Si La La Sol Re ) = (In Do/ Ne, Sia-Ta Nah A- ir Ku)

Sebenarnya not angka yang ada dibawah not balok tersebut adalah not angka dengan nada dasar Do = C, jadi saya simpulkan not angkanya salah nada dasar (ngambil dari google). CMIIW

Alasan selanjutnya..

Otak manusia dirancang untuk mudah mengingat gambar dari pada angka. Mudah mengingat huruf dari pada angka.

Membaca tulisan VS Membaca Angka


Dalam 5 Detik membaca rangkain huruf diatas sangat mungkin, untuk mengingatnya pun tidak begitu sulit. Begitu juga saat membaca not balok. Menghetahui not mana yang akan dimainkan sangat mudah pada not balok ketimbang not angka. Pada not Balok juga sangat lengkap tanda baca notnya.. tidak seperti not angka.

Oke mungkin sekian artikel ini.. nanti akan disambung dengan cara membaca not balok dari A-Z serta pengaplikasiannya pada Piano. Terimakasih.

Comments

  1. Hmmmm, masih awam dunia piano. Dulu sempat mainin, tapi gak hapal kuncinya, ngasal. Sekarang lagi punya hobi baru nih ceritanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hobi lama mas.. yang sekarang lagi saya kembangkan untuk jadi sebuah blog musik

      Delete

Post a Comment

Jangan berkomentar diluar Topik. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dasar membaca not balok

Semua Chord di Piano atau Keyboard