Istilah-istilah dasar membaca not balok

Hai, Kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara membaca not balok dengan mudah. Pada dasarnya, kemampuan membaca itu dapat dilakukan melalui latihan. Sama seperti saat kita membaca sebuah kalimat, semuanya dimulai dari dasar yakni dari mempelajari huruf vokal dan konsonan. Membaca not balok pun bisa jadi mudah apabila kita memulainya dari hal-hal dasar. Berikut ini adalah beberapa istilah dasar yang bisa anda pelajari agar mempermudah membaca not balok.


Oktaf

Oktaf adalah Range atau jarak dari nada do (misal C1) sampai nada do berikutnya (misal C2). Untuk mempermudah pemahaman, berikut ini adalah 1 oktaf pada Piano.


Maka Oktaf kedua dimulai dari C2 sampai C3 dan seterusnya.


Middle C

Dalam bahasa Indonesia Middle C = C yang paling tengah. Jika anda memiliki piano maka anda bisa menghitung banyaknya oktaf pada piano anda. Sebuah Grand Piano memiliki 88 tuts (keys) dan pada grand piano tersebut maka jatuhnya Middle C ada di C4.


Namun jika anda tidak memilikinya, atau sedang belajar bermain dengan keyboard maka berikut ini adalah letak middle C pada keyboard anda.



Garis Para Nada

Garis para nada adalah 'tempat' not, dimana suatu not diletakan tepat digaris atau disela-sela garis nada. Garis para nada berguna untuk mengetahui not apa yang akan kita mainkan. Garis para Nada ada 5, dan sebagai pengembangannya ada garis bantu untuk membaca not yang letaknya diatas garis atau dibawah garis para nada. 

Pada gambar diatas, anda telah melihat ada 5 garis nada dan simbol Treble Clef

Treble Clef

Treble Clef simbolnya menyerupai huruf G, adalah simbol yang menandai bahwa kita memainkan not yang berada di atas Midlde C. Not yang berada digaris kedua dari bawah adalah not G. Treble Clef akan dimainkan dengan tangan kanan.

------------------------------------------


Bass Clef

Bass Clef simbolnya menyerupai huruf F, adalah simbol yang menandai bahwa kita akan memainkan not yang berada dibawah Middle C. Ini artinya bass clef akan dimainkan dengan tangan kiri. Tepat diantara 2 titik simbol F atau digaris nomer 2 dari atas, jika ada not yang ada di garis itu maka not tersebut adalah not F.


FACE = tangan kanan dan GECA = tangan kiri

Rumus ini kita akan pakai untuk membantu kita mengingat letak not pada Treble Clef dan Bass Cleff.


Jika kita melihat Treble Cleff maka yang kita ingat adalah FACE dan dimainkan dengan tangan kanan.

Jika kita melihat Bass Clef maka yang kita ingat adalah GECA. Sisanya tinggal menghitung saja.

Fingering

Fingering di piano berarti anda meletakan jari tertentu pada not tertentu, atau sistem peletakan jari pada tiap not sehingga memudahkan penekanan pada setiap tuts. Karena nantinya kita akan memainkan not 1/4 dengan sangat cepat, jadi ketika jari kita letaknya tidak pas maka menyebabkan kesalahan pada permainan piano. Untuk teknik fingering sebaiknya anda membeli buku yang khusus membahas teknik fingering. Tapi di blog ini akan coba dibahas sedikit mengenai fingering.

Jari manusia totalnya ada 10 dan dibagi menjadi 5 jari di sebelah kiri (untuk memainkan Bass), dan 5 diseblah kanan (untuk Treble). Berikut ini gambar yang menunjukan jari mana yang akan kita sebut jari 1,2,3,4,dan5.



Nah, biasanya didalam not balok sering diberi petunjuk jari mana yang harus memainkan not tersebut. Misalnya dibawah ini..


Angka angka diatas tidak menunjukan not angka. Tetapi menunjukan bahwa not do akan dimainkan dengan jempol tangan kanan, lalu not re / D akan dimainkan dengan telunjuk. dan seterusnya.. Jika anda melihat baik-baik, ada not yang sama tetapi dimainkan dengan jari yang berbeda. Tepat sekali, not ke empat (F=fa), dimainkan dengan jari ke empat atau jari manis, tetapi pada bar ke dua, langsung diganti menjadi jempol. Mengapa?. Karena kalau kita mainkan dengan jari kelingking maka jempol tangan kanan kita akan sulit mencapai not ke 6 (G).

Kurang lebih, itulah fungsi dari fingering, yakni mempermudah kita dalam menekan tuts pada piano dengan meminimalisir kesalahan. Teknik fingering juga bukan sekedar menempatkan jari pada not tertentu saja tetapi juga tentang bagaimana cara meletakan jari dengan benar diatas tuts. Karena jika salah posisi bisa saja jari kita cedera. Wah, kok ngeri sekali?. Karena piano itu tutsnya tidak seperti keyboard yang empuk untuk ditekan. Saya juga sempat mengalami disposisi pada jari kelingking. Dan rasanya tidak nyaman.


Yang paling penting, lengan harus sejajar dengan piano. Artinya posisi duduk harus lebih tinggi sehingga posisi jari kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak gaya untuk menekan tuts.

Tanda Waktu, Ritme, Ketukan

  1. Tanda waktu dalam bahasa Inggris adalah Time Signature, 
  2. Ritme dalam bahasa Inggris disebut Rythm.
  3. Ketukan disebut juga beat
Ketiga unsur musik ini adalah yang paling sulit untuk kita pelajari dari semua unsur yang lain karena mereka berkaitan erat. Tapi dengan metode tertentu hal yang sulit akan tentu jadi mudah. Sebelum melangkah ke penjelasan ketiganya, ada satu hal yang terlewat.

Measure

Dalam suatu komposisi lagu, measure dalam hal ini akan membagi banyaknya not kedalam satuan kelompok. Cara menghitung measure, adalah sebagai berikut.

Pada potongan Lagu River Flows in you diatas, Kita bisa melihat Garis Birama / Bar. Garis tersebut ada untuk nantinya menentukan ritme dan tanda waktu. Tiap bar memiliki nomor urut, dan itu disebut measure. Bar pertama = measure 1 dan seterusnya.

Tanda Waktu

Tanda waktu / time signature adalah sebuah notifikasi bahwa suatu lagu akan dimainkan dengan ketukan tertentu, dan ia menunjukan berapa maksimal jumlah not yang mungkin ada dalam satu bar. Tanda waktu yang ada dalam dunia musik ada berbagai macam. Tapi yang paling sering kita dengar adalah 4/4. Penjelasannya sebagai berikut.


  • 2 / 4 berarti kita akan memainkan 2 BEAT/KETUKAN tiap Bar.
  • 3 / 4 berarti kita akan memainkan 3 KETUKAN dalam satu Bar
  • 4 / 4 artinya akan ada 4 KETUKAN dalam satu bar.
  • 6 / 8 artinya, kita akan memainkan 6 KETUKAN dalam satu Bar.
  • 12 / 8 artinya, kita memainkan 12 KETUKAN dalam satu Bar.
Jadi yang perlu diperhatikan sebenarnya hanya yang atas saja..

Rhtym

Ritme terbentuk dari panjang pendek bunyi dan panjang pendek istirahat. Pengulangan komposisi dari keduanya akan membentuk suatu ritme tertentu. 

Denyut jantung dalam bahsa Inggris disebut Heart Beat atau bisa juga disebut detak jantuk. Detak = Ketuk. Bila dalam suatu kondisi, detak jantung tidak beraturan maka kondisi ini disebut Arithmia. A-Rithmia. Rhtym.

Dalam 1 menit Jantung berdetak  misalnya 60 kali maka ini disebut BEAT
Dalam 1 menit Jantung berdetak tidak tentu (kadang 72, kadang 60, kadang 58) maka ini disebut RHTYM


Panjang pendek Not

Dibawah ini adalah gambar yang menunjukan jenis not dan berapa nilai ketuknya.




Mungkin pertanyaannya adalah bagaimana memainkannya?.

Siapkan tangan anda untuk bertepuk. Dan kaki anda untuk menghentak.
Tepukan Tangan anda adalah NILAI NOT sementara kaki anda adalah BEAT/KETUKAN.

Memainkan not 1 ketuk

Pertama, Tangan anda bertepuk 1 kali. Kaki anda menghentak 1 kali . Lakukan 4 kali secara bersamaan. (ikuti detik jam).



Memainkan not 2 ketuk


Memainkan not  1/2 ketuk

Memainkan not 1/4 ketuk

1 detik (hentak kaki), anda bertepuk tangan 4 kali.

Memainkan not nada penuh

4 detik (hentak kaki), anda bertepuk tangan 1 kali

Nah, aplikasinya ke dalam not balok adalah.. anda menggantikan tepuk tangan itu dengan satu not misalnya not E5.

Jika anda memainkan permainan tepuk dan hentak diatas dengan benar seharusnya anda mengerti maksudnya. 

Beat atau Ketukan bersifat tetap. Dan jumlahnya dalam satu bar selalu tetap. Jika Beat berubah-ubah maka itu jadi bukan lagi beat melainkan ritme. 

Tanda Istirahat

Tanda istirahat adalah jeda untuk berhenti dan tidak memainkan not apapun. Panjang pendek tanda istirahat adalah sebagai berikut..


Cara memainkan tanda istirahat adalah kebalikan dari Not, artinya anda diam (tidak menekan tuts apapun saat ada tanda itu).  Namun dalam hal ini, tidak dapat dipraktikan dengan game tepuk tangan dan hentakan kaki.


PRAKTIK MEMBACA NOT BALOK

Sekarang, kita akan coba praktikan membaca not balok sederhana.

Pada praktik ini anda harus memulai langkahnya dari :

  1. Letakan tangan anda sesuai petunjuk fingering.
  2. Lihat Tanda waktu
  3. Nama Not (pakai metode GECA dan FACE)
  4. Lihat Ritmenya, untuk menentukan panjang pendek nada, lalu mainkan.


Saya rasa ini memang sedikit complicated  jadi perlu ada penjelasan melalui sebuah video. Mungkin beberapa bulan kedepan akan saya buat videonya. Terimakasih sudah berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

Semua Chord di Piano atau Keyboard

Not balok lebih mudah dari pada not angka