Les Piano di Purwacaraka Batutulis Bogor



Hai, kenalkan nama saya Ary Setyobudi. Hari ini saya mau berbagi tentang satu tempat kursus musik yang cukup terkenal di Bogor. Sebenarnya sudah lama saya ingin kursus musik ditempat tersebut. Tapi kendalanya adalah uang. Kalau bicara uang rasanya saat ini semuanya butuh uang. Kencing saja sudah bayar hehe. 

Sebenarnya tempat kursus musik di Bogor itu banyak. Dan setelah searching di Google, inilah beberapa tempat kursus musik di Bogor :


SMKN 2 Cibinong 


Ini Sekolah Menengah Kejuruan Musik yang sudah memiliki website sendiri. Yang ini kejauhan dari tempat saya. Lagi pula ini sekolah Menengah kejuruan, sementara saya sudah lulus sejak 2012 dan waktu itu saya kerja di Jakarta. Usia maksimal untuk bisa masuk SMKN 2 Cibinong adalah 21 tahun.


Kania Music School 


Teman saya merekomendasikan saya ke sini. Tapi saya sudah terlanjur ke Purwacaraka. Teman saya merekomendasikan saya ke tempat tersebut karena Ibu dari temannya teman saya, yang berprofesi sebagai guru les piano klasik, juga belajar di Kania Music School. Tapi lebih jauhnya saya sendiri tidak tahu.


Yamaha Music School


Lokasinya sangat dekat dengan tempat saya. Dan sekolah musik ini baru buka kira-kira 1 tahun setelah saya lulus. Tempatnya luas sekali dan sepertinya cukup banyak yang minat untuk mengambil kursus ditempat tersebut. Sebenarnya saya juga penasaran ingin mengambil kursus di tempat tersebut. Tapi saya ingin fokus dulu di satu tempat. 

Purwacaraka Music School

Nah akhirnya saya mengambil kursus ditempat ini dengan "nekad". Karena saat itu saya kebetulan lewat saja sambil nge-grab. Ya, saya adalah driver grabbike juga. Jadi saat itu saya mampir sambil mengambil brosur. Dan setelah mempertimbangkan jenis kursus yang akan saya ambil akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kursus piano klasik. Karena untuk pengembangan lebih jauh menurut saya piano klasik tingkat kesulitannya lebih tinggi ketimbang piano pop jaman sekarang. Saat itu Purwacaraka sedang ada promo, biaya pendaftaran hanya 50%. Jadi yang seharusnya Rp.300.000 jadi hanya Rp.75.000 saja. 

Disitu saya langsung harus menentukan kapan saya akan latihan. Dan benar dugaan saya, ternyata main piano klasik itu cukup menantang. Karena harus bisa baca not balok, harus sesuai tempo, dan harus ada "feel". Dan teknik permainannya cukup banyak, dan saya langsung ada gambaran. Kira-kira kedepan kursus yang saya ambil akan jauh lebih berat. Tapi sejauh ini semuanya menyenangkan. Dan lebih penting lagi, pikiran jadi segar. 

Pada intinya, kursus dimanapun sama, tapi poin pentingnya adalah menikmati musik itu sendiri. Dan yang lebih penting, nyaman didompet.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dasar membaca not balok

Semua Chord di Piano atau Keyboard

Not balok lebih mudah dari pada not angka