Mencari piano digital yang pas untuk belajar


Berbagai merk piano dipasar kadang membuat bingung anda yang mau membeli. Karena berbeda harga sedikit saja berarti anda sudah memilih fitur dan kegunaan yang berbeda pula. Agar anda tidak salah pilih, maka berikut ini saya akan coba berbagi tentang beberapa spesifikasi keyboard atau piano digital atau mungkin piano yang nantinya bisa anda sesuaikan dengan budget, dan juga kebutuhan anda.

Tentukan Tujuan Anda

Hal ini penting karena berbeda tujuan maka spesifikasi yang dibutuhkan juga berbeda. Dalam hal ini saya mengelompokan kepada 3 tujuan saja. Yakni untuk belajar, tampil diacara tertentu, rekaman.

Jika untuk belajar, maka tidak dibutuhkan spesifikasi yang tinggi. Artinya anda bisa mengambil keyboard saja. Harga keyboard dipasaran cenderung lebih murah ketimbang piano digital atau piano akustik.

Jika untuk tampil di acara tertentu, tergantung acaranya. Rata-rata untuk mengisi sebuah acara keyboard seharga Rp.4jt ke atas sudah bisa untuk organ tunggal. Itu pun, mungkin hanya lagu-lagu pop saja. Jika anda menyiapkan budget yang lumayan banyak, anda bisa memilih keyboard berspesifikasi tinggi yang memang didesign untuk on stage.

Jika untuk rekaman, yang ini mungkin memerlukan budget paling tinggi karena untuk hasil rekaman yang baik.

Nah, sekarang ada 3 macam alat musik yang sebenarnya, cara memainkannya sama saja, tapi ketiganya berbeda.

Piano


Piano mungkin lebih melekat ditelinga masyarakat ketimbang keyboard. Kalau keyboard mungkin gambarannya adalah keyboard komputer. Piano berbeda dengan keyboard. Piano akustik adalah instrumen yang memiliki oktaf berbeda-beda. Namun jika disebut dengan jelas, Grand Piano maka jumlah tutsnya adalah 88. Tustnya juga cukup berat. Pada awal saya memainkan piano saya kesulitan karena tutsnya keras sekali. Dan juga memiliki sensitivitas tekanan. Jari kelingking saya sempat terkilir karena teknik yang kurang benar hehe. Lebih jelasnya, anda bisa mampir ke sini

Keyboard


Orang kebanyakan masih tertukar antara piano dan keyboard. Keyboard adalah instrumen digital yang merupakan copy dari piano, dibuat lebih ringan, fleksible namun mampu membuat lebih banyak suara dan berbagai jenis musik. Harganya lebih terjangkau dari pada piano. Sebuah grand piano bisa seharga 1 buah mobil honda jazz atau bisa seharga rumah mewah diperumahan. Saya sangat merekomendasikan anda membeli keyboard jika anda adalah orang yang hobi membuat musik. Dan berencana untuk tampil dalam suatu acara. Keyboard sendiri dibagi menjadi beberapa kelas. Lebih lengkap lihat disini

Piano Digital

Digital piano adalah bentuk digital dari sebuah grand piano. Mungkin hampir sama dengan keyboard namun perbedaannya adalah, fitur yang tersedia di piano digital tidak sebanyak keyboard. Di piano digital anda tidak bisa dangdutan, membuat musik jazz dan sebagainya. Jika anda berencana untuk menjadi pemain piano profesional seperti halnya saya, maka piano digital akan sangat baik untuk anda jadikan pilihan karena harganya lebih murah, tidak memakan tempat dan juga sudah mewakili dari piano akustik. Digital piano menurut saya juga berbeda dengan piano akustik. Perbedaannya yakni tust di digital piano lebih ringan. Kalau diperbandingkan, keyboard tutsnya sangat ringan. Digital piano, sedang. Piano paling keras.

Dan, pilihan saya jatuh pada Casio Digital Piano 130. Sayangnya fiturnya kalah lengkap dengan keyboard yamaha. Tapi karena tujuan saya adalah belajar bermain piano klasik, bukan keyboard, maka dengan budget 4,5 jutaan saya rasa CDP 130 sudah cukup baik.

Nah kira-kira, mana yang cocok untuk anda gunakan?. 

Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dasar membaca not balok

Semua Chord di Piano atau Keyboard

Not balok lebih mudah dari pada not angka