Berbagi pengalaman 4 bulan les piano

Hai kawan, sudah lama nih saya tidak menulis  artikel di blog ini. Memang saya tidak begitu men-seriusi dunia perbloggeran lagi. Tapi paling tidak sebulan sekali saya sempatkan menulis satu dua artikel disni. Dan pada kesempatan kali ini, saya mau mencoba berbagi pengalaman, setelah  kurang lebih 4 bulan saya les piano di salah satu tempat kursus musik paling keren di Bogor. 

Saya pribadi sangat menggemari dunia musik, bernyanyi dan sebagainya. Makanya, saya ambil kursus musik terutama piano, karena memang saya tertarik dan sepertinya alat musik yang bisa saya mainkan untuk pertama ya piano. Tapi mungkin keyboard ya, karena piano memang butuh skill yang lebih buat memainkannya.

Nah, sebenarnya saya sendiri sudah bisa bermain musik. Ya tidak sejago yang anda kira, karena hanya hobbi dan sekedar bisa. Tapi saya merasa, permainan musik saya tidak berkembang. Itu kenapa saya coba untuk menggali potensi yang ada melalui kursus. Karena ditempat kursus tentu saja akan ada banyak pembenaran dan teknik bermain yang lebih baik.

Skill yang pertama yang akan anda dapat ketika kursus musik adalah..



Membaca Not Balok

Membaca not balok itu kurang lebih sama seperti membaca bahasa indonesia. Diawal-awal kita belajar sudah pasti yang akan dikenalkan adalah huruf, dan bunyinya. Begitu pun saat kita membaca not balok. Disana kita akan dibimbing bagaimana untuk membaca not balok. Tapi tidak berhenti sampai disitu saja ya, karena kita juga dituntut untuk dapat memainkan apa yang dibaca.



Prosesnya lumayan lama.. 

Tapi, beruntung sekali saya sudah dapat menyeimbangkan jari kanan dan jari kiri, jadi tidak perlu mulai dari awal sekali. Karena.. kalau mulai dari awal sekali berdasarkan forum-forum di website luar negri sana, perlu 1 sampai 2 tahun untuk bisa mencapai level 1 di Piano. 

Dari guru piano saya, beliau juga bilang kalau piano itu instrumen musik paling sulit didunia. Karena hanya piano yang punya bas dan treble. Well, sebenarnya gitar pun sama, dia punya bas dan treble.

Buat yang belum tau, treble itu.. mungkin bisa dikatakan melodi yah, tapi saya rasa juga kurang tepat. 

Jadi saya copas saja dari blognya http://apamengapadanbagaimana.blogspot.co.id

Treble itu : Treble Clef merupakan kunci nada yang lebih tinggi dari kunci nada Middle C.

ini jadi pertanyaan lagi, Middle C itu apa  ya?. Panjang deh urusannya.

Pokoknya anda akan bisa membaca not Balok dan tentunya bisa memainkannya.

Lalu, sampai dimana kemampuan saya?. Ternyata saya ditempatkan tingkat 1B, diawal saya ditantang untuk memainkan Piano Concerto versi mudah, dan Nocturne punya Chopin tapi yang versi mudahnya juga. 

Dan... itu cukup sulit. Saya kesulitan untuk bisa mengetahui ketukannya (ritme). Karena di piano, ritme di tangan kanan dan kiri bisa berbeda. Pokoknya PR haha.

Tapi semuanya bisa saya lewati satu persatu.. sampai pada tahap ini. 


Kendala

Kendala pasti ada.. Buat saya biaya kursus itu lumayan cukup mahal.. sampai-sampai saya pikir worthed nggak sih??. 

Kedua, waktu kerja saya selalu bentrok dengan jadwal kursus. Alhasil kadan sebulan saya cuma kebagian 3, atau bahkan 2 dari 4 kali les. Dan saya juga kurang tau apakah lanjut atau berhenti. Karena "this is about money and time". Jadi kemungkinan besar saya akan behenti.

Tapi tidak perlu khawatir karena setiap hari saya selalu berlatih membaca not balok dan memainkan lagu baru. 

Ya mungkin hanya segitu saja pengalaman saya di tempat kursus ini.. selanjutnya work hard di rumah. 

Terimakasih sudah membaca..


Comments

Popular posts from this blog

Istilah-istilah dasar membaca not balok

Semua Chord di Piano atau Keyboard

Not balok lebih mudah dari pada not angka